NOVEL POPULER | SNOW : DI BALIK KEHENINGAN SALJU

Salju mulai turun ketika seorang wartawan dan penyair bernama Ka tiba di Kars, sebuah kota kecil di perbatasan Turki.

Diawali keinginannya untuk menyelidiki kasus bunuh diri yang semakin mewabah di kalangan wanita muda kota itu, juga hasrat untuk menemukan cinta masa lalunya, tanpa sadar Ka terseret di dalam gejolak kemelut Kars. Konflik antargerakan Islam, pertikaian antara agama dan sekularisme, serta aparat penguasa yang bertindak sewenang-wenang hanyalah segelintir persoalan di tengah gunung es masalah di kota yang terisolasi selama berkecamuknya badai salju yang ganas itu.

Snow adalah sebuah kisah tentang kesulitan yang dihadapi oleh sebuah bangsa yang terbelah antara tradisi, agama, dan modernisasi. Di tangan Pamuk, seluruh permasalahan itu tersaji menjadi sebuah kisah thriller politik yang mencekam dan meninggalkan kesan mendalam.
DOWNLOAD

MY NAME IS RED | NAMAKU MERAH KIRMIZI

… sebuah misteri pembunuhan yang menegangkan … sebuah perenungan mendalam tentang cinta dan kegigihan artistik …

Namaku Merah Kirmizi bermula di Istanbul-simbol tonggak kejayaan-Islam yang terakhir-di ujung abad keenam belas, saat Sultan secara diam-diam menugaskan pembuatan sebuah buku tak biasa untuk merayakan kejayaannya, yang dihiasi ilustrasi para seniman terkemuka saat itu.

Ketika seorang seniman dibunuh secara misterius, seorang lelaki muram dengan masa silam sekelam namanya ditugasi untuk mengungkap misteri pembunuhan yang pada akhirnya menguak jejak benturan peradaban Timur dan Barat-dua cara pandang dunia yang berbeda, berkaitan dengan kebudayaan, sejarah, dan identitas yang memicu konflik tak berkesudahan.

Melalui karya cemerlang ini, yang diramu dengan intrik seni dan politik, dongeng-dongeng klasik, serta kisah cinta bercabang yang getir, Orhan Pamuk-pemenang Hadiah Nobel Sastra-mengukuhkan dirinya sebagai salah satu novelis terbaik dunia saat ini.

Novel ini paling tidak telah diterjemahkan ke dalam 25 bahasa dan memenangkan sejumlah hadiah sastra internasional terkemuka, antara lain Prix du Meilleur Livre Etranger 2002 (Prancis), Premio Grinzane Cavour 2002 (Italia), dan International IMPAC Dublin Literary Award 2003 (Irlandia)

Pujian:

“Bintang baru telah terbit di Timur: Orhan Pamuk.” (New York Times)

"Wonderful" (Spectator)

"Magnificent" (Observer)

"Unforgettable" (Guardian)

“Penulis novel Turki yang paling terkemuka dan salah seorang tokoh sastra yang paling menarik … Seorang pendongeng kelas satu.” (Times Literary Supplement)
DOWNLOAD

NOVEL POPULER | ISTANBUL

Dalam buku ini, Pamuk memberi makna lain terhadap kenangan dan kesedihan seorang individu: sebagai jejak sejarah yang menghubungkan masa lalu dengan masa depan sebuah kota, bahkan sebuah peradaban. Namun, buku ini bukan hanya cerita tentang sebuah kota nun jauh di sana, melainkan sebuah buku indah yang mengisahkan banyak hal.

Sebagai seorang novelis terkemuka, Pamuk secara cemerlang mampu membuat memoar ini jauh dari membosankan kendati dia bercerita tentang hal-hal sederhana dan kenangan masa silam kota kelahirannya.

Dia menghubungkan benda-benda, lanskap, penanda kota, bangunan kuno, sungai, rumah, buku-buku, dan jalanan bisu dengan berbagai dongeng, mitos, kisah fantasi, legenda, fakta historis, tragedi kehidupan, sengketa politik, biografi orang ternama, kisah-kisah cinta—termasuk kisah cinta pertamanya—dan berbagai khazanah tersembunyi lainnya.

Membaca buku ini, kita seakan diajak membaca sebuah kumpulan cerita yang mengasyikkan, sekaligus menyiratkan perenungan yang dalam tentang hubungan unik antara manusia, ruang, dan waktu.


"Salah satu memoar yang paling menyentuh hati ..."
--Sunday Telegraph

"Sebuah buku yang sangat memikat dan daya pikatnya bukan terletak pada potret diri sang penulis, melainkan dalam identifikasi puitisnya dengan Istanbul … Novel-novelnya telah menjadikannya termasyhur ke seluruh dunia, tetapi mungkin dia akan dikenang paling lama karena kenangan sebuah kota yang dicintainya dengan sepenuh hati ini."
--Jan Morris, kritikus buku terkemuka

NOVEL POPULER | DRAGON KEEPER

Pada zaman Cina Kuno, semasa kekuasaan Dinasti Han, seorang gadis budak menyelamatkan hidup seekor naga dan melarikan diri dari tuannya yang jahat. Dikejar seorang pemburu naga yang kejam, si gadis dan naga menempuh perjalanan panjang melintasi Cina dengan membawa batu misterius yang harus dilindungi.

Inilah kisah si gadis budak yang semula merasa dirinya tak cukup berharga untuk mempunyai nama, namun kelak menemukan kekuatan dan keberanian dalam dirinya untuk menempuh perjalanan berat penuh bahaya.

Penghargaan :

Kalbacher Klapperschlange (German Book Choice Award) (2006)
Australia Book of the Year Award (2004)
Queensland Premier's Literary Award (2004)
Winner Aurealis Award for Young Adults. (2003)

NOVEL POPULER | APARTEMEN YACOUBIAN

Novel Arab modern yang laris ini mengungkap liku-liku kisah cinta beragam anak manusia, dan gebalau situasi sosial politik sebuah negara berkembang dengan segala persoalannya yang memotret Mesir masa kini, tapi sesungguhnya juga mencerminkan apa yang sedang terjadi di negeri kita sendiri.

Kecamuk segala sisi kehidupan manusia itu diwakili beragam manusia yang menghuni Apartemen Yacoubian, sebuah bangunan unik yang pernah menjadi salah satu gedung termegah di Kairo: lelaki playboy yang kesepian di masa tua, wanita muda penuh gairah yang terpaksa menjual kehormatannya demi menafkahi ibu dan adik-adiknya, mahasiswa miskin yang terbujuk gerakan Islam radikal, politisi korup yang suka mengutip Alquran seenaknya demi membenarkan setiap tindakannya, janda cantik yang merelakan diri menjadi istri simpanan, dan seorang redaktur koran terkemuka yang jatuh cinta sesama jenis kepada seorang tentara miskin.

Aneka corak kehidupan tersebut berujung pada akhir yang mengejutkan dalam buku ini. Dituturkan dengan bahasa yang lincah dan sederhana, novel ini merupakan sebuah jendela untuk memahami cinta dan pengorbanan dalam dunia urban modern.

"Sangat menarik dan kontroversial ..." (New York Review of Books)

"Novel ini telah memperkaya seni novel Mesir modern." (Gamal al-Ghitany, novelis Mesir terkemuka)
DOWNLOAD

TAJ | TRAGEDI DI BALIK TANDA CINTA ABADI

Saat permaisurinya, Arjumand Banu-Mumtaz-i-Mahal, Perempuan Terpilih di Istana meninggal, Shah Jahan ingin membangun sebuah monumen yang bisa mengungkapkan cinta sejatinya kepada sang Ratu. Selama dua puluh dua tahun, dua puluh ribu manusia bekerja siang dan malam untuk memenuhi obsesi sang Sultan. Hasilnya adalah Taj Mahal, sebuah makam yang dihiasi oleh emas, perak, dan perhiasan-perhiasan berharga.

Novel yang kuat ini mengisahkan Taj dalam dua level paralel. Yang pertama menceritakan kisah cinta penuh hasrat antara Shah Jahan dan Arjumand hingga kematian sang Permaisuri melalui sudut pandang tiga karakter utama-Arjumand, Shah Jahan, dan Isa; budak kasim kesayangan Arjumand.

Yang kedua mengungkapkan tahun-tahun berikutnya dalam pemerintahan Shah Jahan, pembangunan Taj Mahal, dan perebutan berdarah takhta merak oleh putra-putranya. Narasi yang mengungkapkan pembangunan Shah Jahan adalah cerita tentang Murthi, seorang ahli kerajinan Hindu yang dikirimkan sebagai hadiah kepada sang Sultan untuk memahat jali marmer yang terkenal di sekeliling sarkofagus Arjumand.

Dalam buku yang rumit dan menarik ini, Murari tidak sekadar menuliskan kisah romantika sejarah. Dengan apik, Murari juga berhasil menghidupkan kembali masa-masa ketika kisah ini berlangsung: kemegahan sensual istana dan kemiskinan tanpa akhir di India pada abad ketujuh belas, masalah-masalah yang terjadi dalam masa pemerintahan Shah Jahan, dan konflik berkepanjangan yang selalu terjadi antara manusia yang berbeda keyakinan.

 "Novel yang penuh gairah dan eksotis! Mempesona hingga halaman terakhir."
--The Guardian.

 "Hanya seorang novelis sejarah sekaliber Timeri Murari yang bisa berseluncur begitu dekat dengan mulut kawah gunung berapi. Struktur novel ini sama menakjubkannya dengan bangunan Taj Mahal yang dideskripsikannya. Bill Aitken, Sunday Observer. Sebuah buku tentang kesederhanaan yang sangat dahsyat ."
--Gloucestershire Echo.

 "Para penikmat buku ini bisa membaca makna-makna tersirat yang simbolis, dan menemukan bahwa ini adalah novel yang rumit dan memukau."
--Asia Magazine.

 Timeri N. Murari telah menulis beberapa novel, skenario, dan naskah drama. Filmnya, The Square Circle , masuk ke dalam sepuluh film terbaik majalah Time. Dia mengadaptasi film tersebut ke dalam naskah drama dan menyutradarainya di Teater Leicester Haymarket. Novel barunya, yang berjudul The Arrangement of Love, akan diterbitkan oleh Penguin pada tahun 2004. Dia juga menulis kolom mingguan di media The Hindu.

CATATAN HATI SEORANG ISTRI

Saat cinta berpaling
Saat hati menjelma serpihan-serpihan kecil
Saat ujian demi ujian-Nya terasa terlalu berat untuk ditanggung sendiri
Maka kemana seorang istri harus mencari kekuatan
Agar hati mampu terus bertasbih?

Endorsment:
"Tak ada yang bisa menebak ke dalam hati seorang wanita. Dan buku yang ditulis dengan penuh penjiwaan ini akan membuat anda mengerti mengapa wanita bisa tampil begitu kuat dibalik semua kelemahlembutannya. Karena dia adalah malaikat pelindung bagi hati-hati kecil yang dititipkan Allah untuknya. Two Thumbs Up!!!" (Monica Oemardi)
"I am greatly impressed by this young energetic writer Asma Nadia, who writes with conviction. With simple plot and elegant prose, she instantly appeals to the reader with rare sensitivity and intensity. Asma writes from her heart with passion, compassion and concern. She gives voice to the voiceless. She knows her characters well and writes with intimacy and insight. Her enthusiasm and social concerns are infectious."  (Nemichandra, Indian Writer)
"Dalam buku ini Asma Nadia bukan sekadar bercerita tentang perasaan dan tragedi perempuan, namun juga menyampaikan hal-hal yang tidak kita sangka dan bahkan lebih aneh dari fiksi secara amat menyentuh." (Helvy Tiana Rosa)
"The conditions under which some Indonesian women are put, as described by Asma Nadia, are really harsh and I felt pain. I was also deeply moved by the writer's warm heart for the female characters in the stories, as well as her deliberate attitude to deal with the subjects. This is hope, in my opinion. We are human beings before we are artists, before we are men or women, before we are Asians. In the other words, we are Asians in the sense that we start from our own reality and we are women in the sense that we will not shut our eyes from the pain around us." (Oh' Soo Yeon, Korean novelist)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Telah kutinggalkan cemburu
di sudut kamar gelap
telah kuhanyutkan duka
pada sungai kecil yang mengalir dari mataku

telah kukabarkan lewat angin gerimis
tentang segala catatan hati
yang terhampar di tiap jengkal sajadah
dalam tahajud dan sujud panjangku

(Asma Nadia, 2007)
DOWNLOAD

SIAPA BILANG JADI KARYAWAN NGGAK BISA KAYA?

Banyak orang bilang “Kalau mau kaya, jangan lama-lama jadi karyawan. Keluar dan bukalah usaha sendiri.” Pertanyaannya : betulkah bekerja sebagai karyawan tidak bisa membuat Anda jadi kaya? Jawabannya : ternyata tidak betul…!
Dalam buku ini, ada 5 kiat agar seorang karyawan bisa jadi kaya:
1. Beli & Miliki Sebanyak Mungkin Harta Produktif,
2. Atur Pengeluaran Anda, 
3. Hati-hati dengan Utang, 
4. Sisihkan untuk Masa Depan, 
5. Miliki Proteksi.

    Dipenuhi dengan sejumlah contoh serta langkah praktis untuk setiap kiatnya, buku ini pantas menjadi  pegangan bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan.

    “Akhirnya … tidak perlu berhenti kerja dari kantor untuk jadi kaya. Buku ini memberikan kiat-kiat yang sederhana, tapi powerful untuk menjamin masa depan.”
    Fifi Aleyda Yahya (Presenter – Metro TV)

    “… kiat-kiat dalam buku ini telah mematahkan teori Kiyosaki bahwa hanya pengusaha atau investor yang bisa menjadi kaya.”
    Gung Panggodo Supryanto (Redaktur Eksekutif – Tabloid Bisnis Uang)

    “Buku ini berusaha menepis gambaran umum bahwa yang namanya karyawan nggak bisa kaya. Dan ternyata berhasil …!”
    Arief Agus “Lengky”  (Knowledge Management Manager – PT Excelcomindo Pratama)

    Safir Senduk adalah seorang Perencana Keuangan yang bertugas membantu perorangan dan keluarga dalam mencapai tujuan-tujuan keuangan mereka. Ia adalah pendiri Safir Senduk & Rekan, sebuah Biro Perencanaan Keuangan yang pertama di Indonesia. Selain melayani klien, ia telah bebicara di depan ribuan orang─baik dalam bentuk seminar maupun pelatihan─tentang perencanaan keuangan. Ia juga mendirikan situs  www.perencanakeuangan.com sebuah situs perencanaan keuangan yang terbesar dan terlengkap di Indonesia.

    GAJI POKOK PNS, TNI/POLRI TAHUN 2010 NAIK 5 %

    Tahun ini gaji pokok PNS, TNI/POLRI kembali mengalami kenaikan sebesar 5%. Kenaikan gaji tersebut berdasarkan Surat Edaran dari Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI Nomor SE-06/PB/2010 tanggal 18 Maret 2010.

    Dari surat edaran tersebut dinyatakan bahwa :
    1. Kenaikan gaji pokok tersebut terhitung mulai tanggal 1 Januari 2010.
    2. Pembayaran gaji untuk bulan Mei 2010 sudah harus menggunakan besaran gaji pokok baru.
    3. Kekurangan pembayaran gaji untuk bulan Januari s/d April 2010 dibuat daftar sendiri dan dapat dibayarkan setelah pembayaran gaji induk dengan besaran gaji pokok terbaru
    Mudah-mudahan dengan semakin meningkatnya kesejahteraan anggota PNS, anggota TNI/POLRI, kinerja juga ikut meningkat, birokrasi semakin mudah dan pelayanan publik semakin baik..Amien..Semoga!
    Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi www.perbendaharaan.go.id

    NOVEL POPULER | MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH

    Hellen Keller, seorang pembicara dan penulis internasional yang memiliki keterbatasan tidak hanya buta namun juga tuli sekaligus bisu, adalah sosok nyata yang mengajarkan pada dunia bahwa manusia dilahirkan dengan wujudnya yang paling sempurna. Sehingga tidak ada alasan bagi manusia manapun untuk menyalahkan keterbatasan yang mereka sandang sebagai akibat kegagalan hidup. Tidak hanya itu, dia telah menyegarkan jiwa manusia dengan inspirasi yang mengagumkan tentang kemampuan manusia yang tidak terbatas. Novel Moga Bunda Disayang Allah adalah salah satu kisah yang tercipta karena luberan semangat dan inspirasi dari sosok Hellen Keller yang tidak pernah menyerah akan keterbatasannya.

    Kisah dalam novel ini meski terinspirasi dan sedikit mengadopsi kisah Hellen Keller, namun penulis tidak semerta-merta menjadikan tema gadis buta sebagai sentral dalam cerita. Dalam novel terbentuk tiga karakter yang unik. Bunda yang memiliki putri cacat; Karang, sang guru penyayang anak-anak dan pernah dituduh mencelakakan nyawa 18 anak panti asuhan; serta Melati gadis manis enam tahun yang tengah belajar mengenal dunia, bertemu dalam jalinan kisah yang mengharukan. Dengan pengembangan imajinasi yang luas, kisah “Hellen Keller” versi Indonesia ini tidak hanya berkutat bagaimana membuat sosok Melati sembuh dari penyakitnya dan bisa berbaur ke masyarakat secara mandiri. Namun juga ada sisi di mana Melati menjadi sebuah pelajaran tersendiri bagi orang tua dan juga Pak Guru Karang. Pelajaran tersebut adalah tentang ketidak-terbatasan manusia sebagai makhluk Tuhan.

    Bunda HK merasa memiliki beban yang cukup berat karena takdir yang menimpa putri semata wayangnya. Rasa kasih Bunda yang tak terbatas kepada anak gadisnya terbukti sebagai alat ampuh yang dimiliki kaum hawa untuk menembus— seperti apa yang disebut manusia awam—dinding baja. Meski hanya bersenjatakan tangis dan doa, Bunda tak hentinya mengharap kesembuhan putrinya agar bisa mengucap sebuah kata, “Bunda”. Bunda berusaha menghapus kata “tidak terkabul” dalam kamus Tuhan dengan mengirimkan pinta tulus tak berputus seorang Bunda bagi kesembuhan anaknya.

    Karang, adalah sosok pemuda yang dibatasi masa lalu dan menganggap hidupnya tak lebih berarti daripada sebagai seorang pemabuk. Jadwal padat sehari-harinya hanyalah berangkat ke bar di malam-malam buta, pulang mabuk di saat orang beranjak terbangun, dan menenggelamkan diri di siang hari pada mimpi-mimpi kelam masa lalunya. Dia terbelenggu akan rasa bersalah sehingga menjadikannya orang yang sinis dan skeptis terhadap kehidupan. Bahkan, kehadiran Tuhan-pun dia pertanyakan. Hingga selanjutnya langit menjawab doa Bunda dan menuntun Bunda untuk mempercayakan anaknya kepada seorang pemabuk.

    Melati menurut aturan umum disebut sebagai seorang anak yang memiliki keterbatasan dalam penglihatan, pendengaran, dan ucapan. Namun Tuhan berkata lain. Melati memiliki kelebihan yang luar biasa dibanding anak-anak pada umumnya. Rasa ingin tahunya besar akan keadaan sekelilingnya sehingga dia mudah merasa marah karena ketidaktahuan yang dimilikinya kecuali kegelapan dan kekosongan. Perasaan yang peka dan otak cerdas yang diberikan Tuhan untuknya mampu membuatnya mengenal benda-benda disekelilingnya dan mempelajari ucapan Pak Guru Karang dalam waktu satu minggu sejak pertama kali dia mampu mengakses komunikasi langsung dengan orang-orang di sekitarnya melalui telapak tangan. Sehingga dia memiliki peluang seperti anak-anak seusianya dalam memimpikan cita-cita yang tak-terbatas untuk masa depannya.

    Pengarang mengusung sebuah penceritaan yang sangat bagus dalam novelnya, lancar dalam pendeskripsian dan cantik dalam mengolah ketegangan. Mengingatkan pada film-film Hollywood yang selalu menarik ulur roman histeria di antara buncah-buncah kebahagiaan. Sekaligus mengingatkan pada tipikal Rowling yang suka mencampurkan beberapa karakter yang terkoneksi satu sama lain. Uniknya, Pengarang menciptakan karakter Melati, Bunda dan Karang dalam sosok masing-masing yang tidak bisa dibedakan mana yang lebih pantas disebut sebagai tokoh utama. Di sini benar-benar terasa adanya tiga tokoh utama yang memiliki kedudukan sama sebagai agen penderita, agen perubahan, dan agen pencerahan. Menyadarkan kita bahwa manusia dalam kedudukannya sendiri-sendiri sebenarnya sedang melakoni peran penting dalam kehidupan nyata.
    Sangat disayang kalau cerita ini ditulis dalam gaya bahasa populer yang kurang baku. Penggunaan berulang-ulang kosakata yang tidak baku, kalimat tambahan yang tidak perlu kadang kala mengganggu kenyamanan dalam membaca. Seperti penggunaan kata “ibu-ibu gemuk” yang artinya menunjuk pada seorang ibu yang bertubuh subur dan kata “kanak-kanak” untuk penunjukan kata benda seorang anak.

    Yang terasa kurang tepat lagi adalah pilihan penulis dalam penempatan setting dan kegiatan pendukung dalam novel. Dalam novel semua tokoh digambarkan sebagai orang-orang muslim dengan segala aktivitas dan atribut mereka, namun pada ending cerita penulis menciptakan suasana pesta kembang api yang dirayakan pada tahun baru Imlek oleh masyarakat termasuk para tokoh novel. Alih-alih menyebutkan secara jelas kota atau negara terjadinya peristiwa dalam novel, sejak awal penulis hanya menyebutkan tempat-tempat semu: “rumah di atas bukit”, “daerah jauh dari ibukota”, “Tuan dan Bunda HK”. Jadi tidak terlihat jelas keberagaman budaya atau mayoritas budaya penduduk yang ada di daerah tempat tinggal tokoh Melati, sehingga kurang ada alasan tepat jika penulis dengan tiba-tiba memasukkan salah satu kegiatan tahunan keluarga Melati adalah merayakan tahun baru China.(*) (Peresensi : Lutfi Fadila)
    DOWNLOAD

    NOVEL POPULER | HAFALAN SHALAT DELISA

    Novel yang dikarang Tere Liye ini sebenarnya dilatarbelakangi oleh kejadian Tsunami 2004 di Aceh. Saat itu, sang pengarang yang kebetulan menonton berita, melihat seorang anak perempuan Aceh yang kakinya terpaksa diamputasi karena bencana tersebut. Setelah itu, maka ia bersumpah untuk membuat novel yang bertemakan kejadian tsunami tersebut.

    Novel ini diawali oleh kisah tentang kehidupan sebuah keluarga yang bahagia, harmonis serta religius. Dalam kesehariannya, keluarga ini diurus oleh Ummi-nya, karena ayahnya bekerja di Luar Negeri dan baru pulang beberapa bulan sekali. Di keluarga ini, terdapat tradisi : anak yang telah hafal bacaan shalat maka akan dibelikan hadiah kalung. Dan pada hari Delisa-si putri bungsu- sedang ujian bacaan shalat lah, semua petualangan, ujian dan kisah – kisah yang mengharukan dimulai.

    Tsunami yang terjadi pada hari itu, merubah hidup Delisa 180 derajat. Saudara – saudaranya meninggal, Ibunya hilang bersama kalung hadiahnya. Kalung indah dengan liontin “D” untuk Delisa. Belum lengkap, kaki si kecil Delisa pun terpaksa diamputasi. Tapi yang mengherankan, bagaimana Delisa yang baru berusia 6 tahun, tetap ingat dan memikirkan bacaan shalatnya, berusaha menghafalnya. Yang nantinya, segera setelah ia hafal dan melakukan shalat pertamanya dengan bacaan shalat yang lengkap , menghantarkan ia pada hal yang sangat menakjubkan.

    Yang menarik dari novel ini adalah, adanya bait – bait puisi yang disertakan pada setiap akhir bab cerita,-kadang saat peristiwa-peristiwa penting- yang seolah – olah menyemangati Delisa serta menggugah hati kita lebih dalam tentang makna yang terkandung dalam novel tersebut. Ini juga dilengkapi oleh penggunaan bahasa yang mungkin tidak “sastra” , tetapi “to the point” dan sederhana, yang membuat pesan lebih tersampaikan ke semua kalangan pembaca. Seolah – olah , penulis memang mempunyai maksud yang kuat untuk menyampaikan amanat yang terkandung dalam novel ini, yang mungkin dikarenakan juga oleh latar belakang penulisan novel ini.

    Adapun hal yang menjadi sorotan resensator–kalaupun tidak disebut sebagai kelebihan- adalah sikap Delisa yang tampak sangat dewasa, melihat usianya yang baru 6 tahun. Sikapnya saat menerima berbagai cobaan yang dihadapinya tidak cocok dengan umurnya . Nilai plusnya adalah para pembaca menjadi lebih terharu hatinya karena berkaca pada sikap Delisa dalam menerima cobaan. Selain itu, terkadang pembaca menjadi rancu mengenai latar dan tempat karena perubahan yang tiba – tiba. Tetapi untungnya, jalan cerita yang menghanyutkan membuat kita tidak peduli akan kerancuan ini.

    Pada akhirnya, dengan segala kandungannya, novel ini wajib dibaca oleh mereka yang sedang merenungi dan mencari makna dan arti hidup yang sebenarnya. Bahkan bagi para remaja juga dianjurkan membaca novel ini, karena akan memperkaya nilai – nilai kehidupan dalam proses pencarian jati diri mereka. Energi untuk ‘hidup’ yang dibawa oleh novel ini sangatlah besar, dan bisa membuka sudut pandang yang baru tentang kehidupan ini. Resensator pun maklum jika nantinya, air mata para pembaca jatuh menetes saat membuka lembaran – lembaran novel ini. Selamat Membaca! (Alvin Aulia Fardana)

    EBOOK MOTIVASI | KAMU PASTI BISA SUKSES

     Buku ini ditujukan untuk para pelajar, guru atau pendidik, orang tua, pembimbing dan siapapun yang peduli pada nasib lulusan SMA. Buku ini juga berisi panduan untuk membekali lulusan SMA dan yang sederajat dengan kecakapan hidup dan kesadaran karier.

    "Lulus SMA, aku ingin kuliah, tapi nggak tahu mau ambil jurusan apa." Atau, "Aku sih mau langsung kerja aja, tapi kerja apa ya?"

    Komentar-komentar seperti itu sering kita dengar dari anak-anak kelas tiga SMA. Tapi apakah mereka memang sudah siap untuk menempuh pendidikan tinggi atau meniti karier? Sudahkah mereka dibekali kecakapan yang dibutuhkan untuk berhasil dalam pilihan mereka? Bagaimana dengan fakta bahwa angka pengangguran lulusan SMA terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk kuliah tak ada biaya, untuk bekerja pun mereka tak punya keterampilan memadai. Apakah mereka sudah gagal, atau kitalah yang telah mengecewakan mereka?

    Buku ini jelas menyatakan bahwa bekal akademis saja tidak cukup. Melalui kegiatan-kegiatan mudah dan praktis, Anda dapat membimbing siswa mengasah kecakapan hidup mereka. Anda juga dapat membantu siswa mencapai kedewasaan karier, yang meliputi pengenalan minat, bakat, karakter diri, dan pengetahuan tentang bursa kerja, syarat/kualifikasi pekerjaan, dan sebagainya.

    Jika siswa belajar memanfaatkan kecakapan hidup, menggabungkannya dengan prestasi akademis dan pengetahuan tentang bursa kerja dalam pengambilan keputusan praktis, niscaya mereka akan mampu menghasilkan rencana karier yang efektif pada akhir tahun di SMA. Setelah itu, barulah kita boleh berharap mereka akan berhasil melalui kehidupan pasca-SMA, apa pun pilihan mereka.

    DAJJAL DAN SIMBOL SETAN

    Rasulullah Muhammad saw bersabda bahwa sepuluh tanda-tanda datangnya hari kiamat adalah munculnya asap tebal, Dajjal, binatang melata yang besar (dabbatan minal-ardhi), terbitnya matahari dari arah barat, turunnya Nabi Isa ibnu Maryam, keluarnya Ya'juj dan Ma'juj, terjadinya tiga gerhana bulan di ufuk timur, ufuk barat, dan di Jazirah Arab, dan munculnya api dari arah Yaman yang menggiring manusia ke arah Mahsyar (Padang Mahsyar) . (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

    Dalam buku ini dibahas secara rinci bahwa penafsiran tentang "binatang melata besar yang keluar dari dalam bumi"--seperti disebutkan dalam Al-Qur'an surat an-Naml ayat 82-- adalah gerakan bawah tanah yang disebut zionisme, yaitu suatu gerakan kolaborasi rahasia yang ditata dengan rapi dan profesional, yang dimotori, disponsori, dan diaktor- intelektuali oleh Dajal dan setan. Target mereka khususnya adalah menjauhkan umat Islam dari nilai syariat Islam, sehingga umat Islam menjadi kafir, juga umat agama lainnya pada umumnya. Dengan gerakan zionismenya, Dajal menyusupi tatanan nilai-nilai kehidupan norma umat beragama --yang universal-- kemudian diganti dengan "baju" globalisasi keterbukaan, demokrasi, HAM, dan sebagainya.

    Buku ini sangat penting bagi umat Islam untuk mengetahui dan menelaah sepak terjang dan bahaya paham Dajal melalui gerakan zionismenya. Sebuah buku "pembongkaran" konspirasi global program Dajal beserta setan dalam proyek pengafiran globalnya.
    Begitupun dalam kaitannya dengan sepak terjang bahaya Dajal, Rasulullah saw. telah menegaskan sosoknya dalam sabda Beliau,

    "... Dajal adalah (bagai) seorang pemuda yang ikal rambutnya dengan mata bercahaya, seolah-olah aku menyerupakannya dengan seorang hamba, yaitu Abdul Uzza bin Qathan. Siapa saja diantara kalian yang menjumpainya, maka bacalah pembukaan surat al-Kahfi, karena hal itu menolongmu dari fitnahnya. Dajal akan keluar (muncul) di jalan antara Syam dan Irak dengan membuat kerusakan di sana-sini.... " (HR Muslim, Kitab al-Fitan)

    Semoga kaum muslimin semakin teguh dan istiqamah dalam melaksanakan dan menegakkan risalah dinul-haq Islam berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad saw guna mewujudkan persatuan umat (ittihadul-ummah) dari pengaruh konspirasi global kafir zionis Dajal.
    Wallahu a'amu bish shawab.
    Billahit-taufiq wal hidayah.
    DOWNLOAD

    Mimpi Buruk Kemanusiaan | The Hidden History Of Zionism

    Buku ini menghancurkan empat mitos yang selama ini terbentuk dalam kesadaran masyarakat dunia tentang Zionisme dan negara Israel. Pertama, "sebuah negara tanpa penduduk untuk penduduk tanpa negara". Kedua, demokrasi Israel. Ketiga, mitos keamanan yang menjadi motor kekuatan kebijaksanaan Israel. Keempat, yang mungkin hampir sudah diyakini oleh setiap orang, bahwa Zionis adalah pengemban penderitaan moral Yahudi yang mengalami bencana Holocaus (pembantaian masal) oleh Nazi.

    Buku ini membongkar drama tragis pembantaian oleh Zionisme untuk mengusir bangsa Palestina dari tanah airnya. Di samping itu juga mengungkapkan secara jelas pengkhianatan para pemimpin Zionis terhadap jutaan Yahudi yang terbunuh oleh kolaborasi Nazi dan Zionis. Ralph Schoenman telah melakukan pekerjaan berharga yang meringkas ensiklopedi informasi. Sulit sekali untuk menangkis pengungkapan dan analisa proaktifnya tentang akibat-akibat mendasar dari problem Palestina yang berkelanjutan dan pencabutan hak bangsa Palestina.

    Schoenman membuktikan - dengan pencarian dokumen secara luas - bahwa sumber terbaik untuk menjelaskan dinamika real kebijaksanaan Israel adalah pekerjaan standar para arsitek Zionisme. Dengan menggunakan skill dan pengetahuan tinggi, dia menyusun sejarah Zionis secara obyektif yang mengejutkan dunia.
    DOWNLOAD

    ISU-ISU KONTROVERSI DALAM PEMERINTAHAN KHULAFA AL-RASYIDIN

    Bagian pertama buku ini membicarakan latar belakang dan konsep Khilafah Islamiyah menurut mazhab-mazhab dalam Islam, termasuk juga tugas dan fungsi dari para Khalifah. Bagian Kedua menguraikan isu pelantikan Abu Bakar as-Siddiq ra. menjadi Khalifah yang pertama. Ini berdasarkan pandangan Ahlu al-Sunnah wa al-Jama’ah dan al-Syi’ah yang disertai dengan penilaian dan analisis.

    Bagian ketiga menjelaskan seputar isu-isu yang timbul pada zaman Khalifah Ustman bin Affan ra. disertai dengan penjelasan sesuai dengan fakta-fakta yang berkaitan dengan isu tersebut. Bagian keempat membicarakan situasi dan kondisi pada zaman Khalifah Ali bin Abu Thalib ra., khususnya kontroversi tentang Perang Jamal, Perang Shiffin dan peranan golongan al-Saba’iyah sebagai unsur perusak, serta penilaian terhadap tokoh-tokoh yang terlibat sebagai jalan untuk mengetahui siapakah sebenarnya mereka.

    Pada bagian akhir, dari kesimpulan disampaikan beberapa rumusan yang dibuat secara ilmiah untuk mengatasi kekaburan isu-isu keliru dan kontroversi dalam fakta penulisan sejarah Islam yang terus berlarut-larut hingga saat ini.
    DOWNLOAD

    NOVEL KLASIK | ALI TOPAN ANAK JALANAN

    “Membaca bukunya, kita seperti diajak menonton potret kehidupan remaja berandalan yang suka bergentayangan di jalan-lalan kota Jakarta. Struktur ceritanya kokoh, alurnya luwes dan dialog-dialog di setiap halaman jelas merefleksikan karakterisasi para tokoh.“
    Eddy Satya Dharma (Suara Karya, 14 November 1977)

    “Buku yang memikat untuk bacaan remaja, juga penting untuk orangtua masa kini. Kisah seorang anak muda yang punya kemungkinan besar untuk jadi tokoh terkemuka di masyarakat di kemudian hari!”
    Zulkarnaini (Pelita, 23 Desember 1977)

    “Tanyalah anak-anak muda baik cewek maupun cowok, siapa yang belum pernah baca Ali Topan. Mereka kaum muda itu. bukan hanya senang karena bahasanya pop, bahasa mereka, tapi juga memang karena dunia anak muda dibela. Anak muda pengin sambil memejamkan mata, lantas terbang ke langit biru. Ali Topan adalah mimpi.“
    N. Wonoboyo (Minggu Merdeka, 19 Februari 1978)

    “Teguh Esha berhasil menghadirkan tokoh pemberontak dalam diri Ali Topan. Karakterisasinya kuat dan konsisten. Sebuah watak yang tak pernah berubah namun kuat dan patent. Ali Topan, novel dengan karakter!”
    Yakob Sumarjo (Pikiran Rakyat, 17 Mei 1978)

    NOVEL KLASIK | ASHADI SIREGAR

    Novel Cintaku di Kampus Biru karya Ashadi Siregar ini merupakan kisah pembuka dari “tri-logi” Cintaku di Kampus Biru, Kugapai Cintamu dan Terminal Cinta Terakhir. Cintaku di Kampus Biru merupakan kisah kehidupan anak muda khas mahasiswa yang segar dan penuh warna. Setting tempat bergulirnya cerita ini adalah kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Jogyakarta tahun 80-an. Semenjak terbitnya novel ini kampus UGM Bulaksumur kemudian memperoleh predikat “Kampus Biru”. UGM sendiri memang merupakan icon yang melekat pada kota pelajar Jogyakarta.  
    Bagi pembaca yang sudah melewati usia 30 tahun kisah ini sungguh akan membangkitkan kembali kenangan masa muda, masa kuliah. Kisah ini memang mengekspose lika-liku kehidupan mahasiswa yang tak biasa, di masa  itu kehidupan mahasiswa identik dengan “buku, pesta dan cinta”. Namun Anton berbeda, tokoh dalam kisah ini adalah seorang aktivis yang cerdas, kritis dan  tampan.    Dalam novel ini kita bisa melihat betapa cermatnya Ashadi Siregar “memotret” kehidupan mahasiswa. Mulai dari rumah pondokan, ruang kuliah hingga hati dosen yang kering mendambakan cinta. Maklum Ashadi Siregar adalah bagian dari lingkungan dimana kisah ini bermula. Dia adalah alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM, kemudian bahkan dia menjadi salah seorang dosen disana.   
    Selamat menikmati.
    • Novel Trilogi :
    1. Cintaku di Kampus Biru, DOWNLOAD
    2. Kugapai Cintamu, DOWNLOAD
    3. Terminal Cinta Terakhir, DOWNLOAD

    DI BALIK KISAH-KISAH HACKER LEGENDARIS

    Hacker memang sosok yang banyak menuai kontroversi. Makna Hacker itu sendiri bisa bermacam-macam, sesuai perubahan zaman. Buku ini berusaha menampilkan dua sisi hacker, sisi pertama adalah mereka yang menggunakan kemampuan teknisnya untuk mengembangkan dunia teknologi informasi dan computer. Kelompok ini kerap disebut dengan istilah White-Hat Hackers. Sedangkan di sisi lain adalah mereka yang menggunakan kemampuan teknis untuk melakukan sesuatu yang melanggar batas-batas norma dan etika. Inilah kelompok Black-Hat Hackers, kelompok yang sangat dekat dengan kejahatan elekronik. Namun, sebenarnya dunia hacker tidak hitam-putih, istilah White-Hat dan Black Hat tidak bisa jadi harga mati. Umumnya seorang yang bergerak di bidang computer dan gemar melakukan kreasi dan eksperimen, terutama di bidang keamanan computer, lebih cocok dimasukkan dalam golongan Gray-Hat Hackers, hacker topi kelabu.

    Semoga melalui buku ini pembaca dapat melihat hacker secara utuh dan memahaminya tanpa prasangka lagi. Bahkan etos hacker sebenarnya merupakan sesuatu yang layak untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, selama koridor etikanya dipenuhi. Jadilah seorang hacker!

    MANIFESTO HACKER
    Ada semacam romantisme kenakalan remaja pada budaya hacker. Napas-napas pemberontakan yang memikat, sama memikatnya seperti Jim Morisson, Che Guevara, Soe Hok Gie, Chairil Anwar, Iwan Fals, atau Eminem. Romantisme tersebut berasal dari idealisme kebebasan dan rasa ingin tahu. Seperti tercermin dalam dokumen ‘The Conscience of a Hacker’ (Hati Nurani Seorang Hacker) yang dituliskan seorang bernama The Mentor. Berikut cuplikan dokumen yang kerap disebut ‘Manifesto Hacker’ itu :

    Inilah dunia kami…dunia electron dan switch, beauty of the baud. Kalian menyebut kami penjahat..karena kami menggunakan layanan yang sudah ada tanpa membayar, padahal layanan itu seharusnya sangat murah jika tidak dikuasai oleh orang-orang rakus. Kami kalian sebut penjahat..karena kami gemar menjelajah. Kami kalian sebut penjahat...karena kami mengejar ilmu pengetahuan. Kami ada tanpa mengejar ilmu pegetahuan. Kami ada tanpa warna kulit, tanpa kebangsaan, tanpa bias agama..tapi bagi kalian kami penjahat. 

    Kami adalah penjahat...sedangkan kalianlah yang membuat bom nuklir, mengobarkan peperangan, membunuh, berbuat curang, berbohong, dan berusaha membuat kami percaya bahwa itu semua demi kebaikan kami. Ya, aku adalah penjahat. Kejahatanku adalah keingintahuanku. Kejahatanku adalah menilai orang berdasarkan perkataan dan pikiran mereka, dan bukan berdasarkan penampilan mereka, dan bukan berdasarkan penampilan mereka. Kejahatannku adalah menjadi lebih pintar dari kalian, sebuah dosa yang tak akan bisa kalian ampuni.  Aku adalah hacker, dan inilah menifestoku. Kau bisa menghentikan satu, tapi kau tak bisa menghentikan semuanya…bagaimanapun juga, kami semua sama. (The Mentor, 1986)

    SUKSES TANPA GELAR | Membangkitkan Roh Keberhasilan Dalam Diri Anda

    Bagi saya, semua orang layak menjadi guru dan di semua tempat—di sekolah, di universitas, di bus, di pesawat, di kereta api, di jalan raya, di perpustakaan, di rumah, di kantor, di lobi, di toko, di pasar, di mana saja kehidupan berlangsung—saya dapat belajar. (Andrias Harefa)

    Buku ini dibagi dalam tiga bagian. Bagian pertama mengajak pembaca untuk memikirkan makna sukses bagi diri sendiri, yakni sukses pada level pribadi. Mencari makna sukses berarti melakukan perjalananan ke dalamdiri sendiri. Mencari makna sukses berarti menguji dan mengevaluasi social "mirror (pandangan-pandangan atau label yang diberikan masyarakat dan orang-orang luar mengenai diri kita pribadi) yang acap kali buram dan gagal memantulkan realitas kebenaran yang sejati. Dalam perjalanan ke dalam diri itu, pembaca diajak untuk bertanya apakah makna sukses yang sesungguhnya, dan apa hubungannya dengan kepribadian yang sehat, dengan kebahagiaan dan kepuasan batin, dengan modernitas?

    Untuk menemani perjalanan ke dalam diri itu, bagian kedua memberikan contoh-contoh yang nyata. Karena pertimbangan praktis, maka sebagian dari contoh-contoh tersebut diambil dari beberapa tulisan yang telah dimuat dalam penerbitan khusus di perusahaan tempat Penulis pernah bekerja. Satu dari tujuh contoh orang sukses dalam buku ini memiliki gelar kesarjanaan. Namun gelar bukanlah determinan utama yang membuat ia berhasil, sementara kisahnya sendiri terlalu bagus untuk tidak dimasukkan.

    Selanjutnya, bagian terakhir memuat rahasia untuk sukses tanpa memiliki gelar, mengalahkan "roh memiliki" dengan cara membangkitkan "roh keberhasilan". Di sini ingin ditegaskan bahwa faktor-faktor penentu sukses sejati itu bukanlah atribut-atribut "fisik" seperti gelar akademis, jabatan, uang, dsb., bahkan juga bukan sekadar sikap positif dan keterampilan tertentu. Tetapi lebih dari itu. la mencakup pemahaman mengenai kebenaran (truth) mengenai keberadaan manusia dan segala potensinya, keyakinan dan peta mental (belief, paradigma) seseorang, serta komitmennya untuk mengembangkan kebiasaan dan karakter yang selaras dengan nilai-nilai kebenaran yang dipahaminya. Sukses yang sejati itu memanusiakan manusia.

    Novel Klasik | Sengsara Membawa Nikmat

    Midun tidak habis pikir. Bagaimana mungkin Kacak -penghulu yang kaya raya, bangsawan tinggi kemenakan raja dikampungnya- menaruh iri dan dendam kepadanya, yang hanya seorang rakyat biasa! Midun merasa tidak melakukan perbuatan yang salah, menyinggung atau menyakiti orang lain. Ia tidak menyadari, justru kehalusan budi pekerti dan kerendahan hatinya menyebabkan ia begitu disayangi dan dibela oleh orang-orang sekampung, sehingga menerbitkan rasa cemburu dan benci Kacak.

    Tak habis-habisnya Kacak mencari akal untuk menjebak, menyiksa bahkan menghabisi nyawa orang yang tak disenanginya. Niatnya tak pernah sampai karena penjagaan Ayah dan Guru Silat Midun. Tetapi akhirnya upaya Kacak berhasil juga: Midun dihukum penjara karena kesalahan yang sengaja ditimpakan kepadanya.

    Menjadi orang hukuman benar-benar suatu hal yang tidak pernah dibayangkan oleh Midun. Walaupun demikian, ia mencoba menjalani dengan tabah dan berani. Hari-hari di dalam penjara terasa berat, bahkan masa depan pun tidak jelas. Apa yang dapat ia lakukan untuk memperbaiki nasib? Midun memilih untuk tidak menyerah.

    Kepribadian Midun yang ulet, sabar dan pengasih menarik hati siapa saja, sehingga ia disegani dalam pergaulan. Midun bersemangat mempelajari hal-hal baru di dalam dan di luar penjara. Perlahan garis hidupnya berubah, terlebih setelah ia berkenalan dengan Halimah, gadis cantik bernasib malang.

    Bagaimana selanjutnya perjuangan Midun untuk bertahan hidup? Dapatkah ia mengubah nasibnya yang kurang beruntung? Dan bagaimana akhir permusuhannya dengan Kacak?

    DOWNLOAD

    KUMPULAN DONGENG VOL. II

    Daftar Isi Kumpulan Dongeng Vol. II

    1. Asal Usul Danau Toba
    2. Bende Wasiat
    3. Cindelaras
    4. Kancil Si Pencuri Ketimun
    5. Keledai Pembawa Garam
    6. Kelelawar Yang Pengecut
    DOWNLOAD

    KUMPULAN DONGENG VOL. I

    Daftar Isi Kumpulan Dongeng Vol. I

    1. Anak Rajin dan Pohon Pengetahuan
    2. Rachel Dan Batu Bertuah
    3. Putri Seorang Saudagar
    4. Semut Yang Hemat
    5. Mengapa Beo Selalu Menirukan Suara
    DOWNLOAD