KUMPULAN CERPEN | ROBOHNYA SURAU KAMI

Di suatu tempat ada sebuah surau tua yang nyaris ambruk. Hanya karena seseorang yang datang ke sana dengan keikhlasan hatinya dan izin dari masyarakat setempat, surau itu hingga kini masih tegak berdiri. Orang itulah yang merawat dan menjaganya. Kelak orang ini disebut sebagai Garin.

Meskipun orang ini dapat hidup karena sedekah orang lain, tetapi ada yang paling pokok yang membuatnya bisa bertahan, yaitu dia masih mau bekerja sebagai pengasah pisau. Dari pekerjaannya inilah dia dapat mengais rejeki, apakah itu berupa uang, makanan, kue-kue atau rokok.

Kehidupan orang ini agaknya monoton. Dia hanya mengasah pisau, menerima imbalan, membersihkan dan merawat surau, beribadah di surau dan bekerja hanya untuk keperluannya sendiri. Dia tidak ngotot bekerja karena dia hidup sendiri. Hasil kerjanya tidak untuk orang lain, apalagi untuk anak dan istrinya yang tidak pernah terpikirkan.

Suatu ketika datanglah Ajo Sidi untuk berbincang-bincang dengan penjaga surau itu. Lalu keduanya terlibat perbincangan yang mengasyikan. Akan tetapi, sepulangnya Ajo Sidi, penjaga surau itu murung, sedih, dan kesal. Karena dia merasakan, apa yang diceritakan Ajo Sidi itu sebuah ejekan dan sindiran untuk dirinya.

Dia memang tak pernah mengingat anak dan istrinya tetapi dia pun tak memikirkan hidupnya sendiri sebab dia memang tak ingin kaya atau bikin rumah. Segala kehidupannya lahir batin diserahkannya kepada Tuhannya. Dia tak berusaha mengusahakan orang lain atau membunuh seekor lalat pun. Dia senantiasa bersujud, bersyukur, memuji, dan berdoa kepada Tuhannya. Apakah semua ini yang dikerjakannya semuanya salah dan
dibenci Tuhan ? Atau dia ini sama seperti Haji Saleh yang di mata manusia tampak taat tetapi dimata Tuhan dia itu lalai. Akhirnya, kelak ia dimasukkan ke dalam neraka. Penjaga surau itu begitu memikirkan hal ini dengan segala perasaannya. Akhirnya, dia tak kuat memikirkan hal itu. Kemudian dia memilih jalan pintas untuk menjemput kematiannya dengan cara menggorok lehernya dengan pisau cukur.

Kematiannya sungguh mengejutkan masyarakat di sana. Semua orang berusaha mengurus mayatnya dan menguburnya. Kecuali satu orang saja yang tidak begitu peduli atas kematiannya. Dialah Ajo Sidi, yang pada saat semua orang mengantar jenazah penjaga surau dia tetap pergi bekerja.

**Untuk analisis cerpen yang lebih mendalam silakan baca disini

Ebook ini juga memuat beberapa cerpen karya AA Navis lainnya :

1.  Anak Kebanggaan
2.  Angin Dari Gunung
3.  Bayang-Bayang
4.  Dari Masa ke Masa
5.  Datangnya dan Perginya
6.  Dua Orang Sahabat
7.  Gundar Sepatu
8.  Inyik Lunak Si Tukang Canang
9.  Marah Yang Marasai
10. Menanti Kelahiran
11. Nasihat-Nasihat
12. Penangkapan
13. Penolong
14. Penumpang Kelas Tiga
15. Perempuan Itu Bernama Lara
16. Rekayasa Sejarah Si Patai
17. Robohnya Surau Kami
18. Sang Guru Juki
19. Si Bangkak
20. Si Montok
21. Tamu Yang Datang di Hari Lebaran
22. Topi Helm
23. Zaim Yang Penyair ke Istana

2 komentar:

dr.fransiscoramos mengatakan...

Ijin copas dan download yo Da / Uni.

Altair mengatakan...

Kak link downloadnya sudah tidak bisa. Mohon pencerahannya
terimakasih

Posting Komentar