ISU-ISU KONTROVERSI DALAM PEMERINTAHAN KHULAFA AL-RASYIDIN

Bagian pertama buku ini membicarakan latar belakang dan konsep Khilafah Islamiyah menurut mazhab-mazhab dalam Islam, termasuk juga tugas dan fungsi dari para Khalifah. Bagian Kedua menguraikan isu pelantikan Abu Bakar as-Siddiq ra. menjadi Khalifah yang pertama. Ini berdasarkan pandangan Ahlu al-Sunnah wa al-Jama’ah dan al-Syi’ah yang disertai dengan penilaian dan analisis.

Bagian ketiga menjelaskan seputar isu-isu yang timbul pada zaman Khalifah Ustman bin Affan ra. disertai dengan penjelasan sesuai dengan fakta-fakta yang berkaitan dengan isu tersebut. Bagian keempat membicarakan situasi dan kondisi pada zaman Khalifah Ali bin Abu Thalib ra., khususnya kontroversi tentang Perang Jamal, Perang Shiffin dan peranan golongan al-Saba’iyah sebagai unsur perusak, serta penilaian terhadap tokoh-tokoh yang terlibat sebagai jalan untuk mengetahui siapakah sebenarnya mereka.

Pada bagian akhir, dari kesimpulan disampaikan beberapa rumusan yang dibuat secara ilmiah untuk mengatasi kekaburan isu-isu keliru dan kontroversi dalam fakta penulisan sejarah Islam yang terus berlarut-larut hingga saat ini.
DOWNLOAD

0 komentar:

Posting Komentar